Telah Terbukti, Azikin Solthan Dorong Kesejahteraan Nelayan dan Petani di DPR RI

  • Bagikan
Anggota Komisi IV DPR RI Azikin Solthan.

FAJAR.CO.ID, BANTAENG – Anggota Komisi IV DPR RI Azikin Solthan telah mendorong kesejahteraan untuk nelayan dan petani. Bukan hanya sekedar janji, lima tahun terakhir Azikin Solthan telah memberikan bukti di masyarakat.

Nelayan dan petani yang ada di daerah pemilihannya telah merasakan manfaat program-program yang dilaksanakan Azikin Solthan bersama dengan mitra komisinya.

Untuk nelayan, Azikin Solthan melatih dan memberikan bantuan sarana pengolahan hasil perikanan masyarakat untuk membuat makanan olahan dari hasil laut yang bernilai ekonomis tinggi. Dia juga telah menyalurkan berbagai bantuan seperti kapal, perahu dan alat tangkap yang tidak lain untuk mempermudah kerja nelayan sehari-hari.

Ada juga bioflok yang kini telah memberdayakan santri – santri di pondok pesantren, pemuda dan ibu rumah tangga dalam pengelolaannya. Hasilnya berupa ikan nila ataupun lele berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat.

Untuk petani, terdapat berbagai macam jenis bibit unggul yang telah ditanam dan membuahkan hasil yang baik. Bukan hanya bibit, Azikin Solthan juga tak tanggung-tanggung memberikan sarana dan prasarana pertanian, Alat Mesin Pertanian (Alsintan) baik prapanen dan pascapanen.

 Bimbingan Tekhnis atau Pelatihan untuk mempermudah dan meningkatkan kerja-kerja petani. Peduli masyarakat di sekitar kawasan hutan dan lingkungan hidup dengan menyalurkan bantuan bibit produktif, bibit kayu, sarana prasarana pengangkut sampah dan bank sampah, dan bantuan IPAL yang tersebar di beberapa lokasi.

Anak-anak dari nelayan dan petani juga tidak luput dari perhatian Ketua Umum Apkasi/BKKSI periode 2005 – 2008 itu. Setiap tahunnya, Azikin Solthan bersama kementerian terkait menggelar Safari Gemarikan dan bulan mutu karantina (pembagian ikan segar) berkelanjutan.

Azikin Solthan menyampaikan perlunya perhatian orang tua dalam menjaga cakupan gizi anak-anaknya karena menurutnya dapat mempengaruhi proses tumbuh kembang dan kemampuan berpikirnya.

“Perlu kita perhatikan gizi anak-anak karena kalau gizinya baik tentu akan mempengaruhi tumbuh kembang anak dan tambah cerdas, makanya diberi makan ikan,” kata dia.

Azikin Solthan menjelaskan, selain sebagai perluasan safari Gemarikan, kegiatan tersebut memperkenalkan produk olahan ikan yang semuanya diproduksi oleh masyarakat lokal.

“Sumber daya yang ada  di laut sangat besar. Jadi mari kita manfaatkan dengan baik, kita olah agar menarik, guna memenuhi kebutuhan gizi dan dapat mempercepat penurunan stunting,” kata dia. (*)

  • Bagikan