Bupati Bantaeng Buka Pembinaan Peningkatan Sumber Daya Imam Masjid PW IPIM Sulsel

  • Bagikan
Bupati Bantaeng, Ilham Azikin menghadiri dan membuka Pembinaan Peningkatan Sumber Daya Imam Masjid Angkatan 2 yang di Hotel Kirei, Kecamatan Bantaeng.

FAJAR.CO.ID, BANTAENG – Bupati Bantaeng, Ilham Azikin menghadiri dan membuka Pembinaan Peningkatan Sumber Daya Imam Masjid Angkatan 2 yang di Hotel Kirei, Kecamatan Bantaeng, Sabtu (5/11).

Peningkatan Sumber Daya Imam Masjid Angkatan 2 itu dilaksanakan Pimpinan Wilayah Itihad Persaudaraan Iman Masjid (PW IPIM) Provinsi Sulawesi Selatan.

Ketua Panitia, Muh Syakir Syam mengatakan peningkatan sumber daya itu diikuti 50 peserta yang berasal dari 5 daerah. Kabupaten Bantaeng, Bulukumba, Jeneponto, Sinjai dan Takalar.

“Tugas imam masjid tidak hanya sekedar membelakangi jamaah. Selain memimpin sholat imam juga harus bisa berhadapan dengan masyarakat,” kata dia.

Ketua Umum PW IPIM Sulsel, KH Masykur Yusuf merasa bersyukur dan mengapresiasi dengan kehadiran Bupati Bantaeng, Ilham Azikin. Biasanya di daerah lain kegiatan serupa dihadiri Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat.

“Kehadiran Bupati adalah bentuk kepedulian dan perhatian kepada imam masjid,” kata dia.

Dia mengatakan Bantaeng adalah kabupaten yang sering dikunjunginya. Bahkan hanya untuk sekedar minum kopi dan makan malam jika melakukan perjalanan ke selatan Sulsel.

“Saya juga mengapresiasi Bantaeng yang telah melaksanakan kegiatan dengan memberdayakan relasi dan sinergitas,” ungkapnya.

Dia mengajak imam masjid untuk membantu kerja-kerja pemerintah. Seorang pemimpin juga membutuhkan doa-doa dari imam masjid.

“Jangan tinggalkan tempat sholat kalau imam masjid belum mendoakan pemimpinnya. Yakin dan percaya daerah akan baik kalau didoakan dari imam masjid. Pemimpin tidak akan berharap apa-apa dari kita selain doa dari imam masjid,” katanya.

Sementara itu, Bupati Bantaeng, Ilham Azikin mengucapkan selamat datang kepada IPIM dari kabupaten tetangga. Dipilihnya Bantaeng sebagai tuan rumah adalah sebuah kehormatan.

“ini adalah kehormatan bagi pemerintah dan masyarakat Bantaeng dengan dipilihnya Bantaeng sebagai tuan rumah pembinaan peningkatan sumber daya imam masjid angkatan 2,” kata dia.

Ilham Azikin berpendapat, imam masjid memiliki tanggung jawab yang besar dan berat. Imam masjid merupakan jembatan masyarakat.

“Imam masjid memiliki tanggung jawab yang besar dan berat. Imam masjid bertugas sebagai jembatan masyarakat bila dibarengi keimanan dan ketaqwaan dengan SDM imam masjid yang berkualitas,” kata dia. (*)

  • Bagikan